Pengertian Internet Marketing dan Jenisnya


Jika kamu beranggapan bahwa Internet Marketing adalah jualan di Internet, anggapan kamu memang benar. Karena secara defisini mengartikan bahwa Internet marketing adalah pemasaran yang dilakukan lewat internet.

Tapi, jika sudah bicara soal marketing, berarti bukan hanya soal penjualan saja. Promosi, Branding dan membina hubungan yang baik dengan pelanggan secara online juga termasuk Internet marketing.

Mungkin kamu akan bertanya,"Apa sih manfaat Internet marketing?".

Semua pebisnis offline maupun online pasti mempunyai keinginan untuk meningkatkan profit atau ingin agar Brand mereka lebih terkenal. Internet adalah salah satu media terbaik saat ini untuk membuat keinginan tersebut tercapai.Dengan cara memberikan segala informasi tentang produk yang dijual kepada para calon konsumen.

Menurut saya, ada dua jenis Internet marketing yang dibedakan menurut tujuannya. Berikut ini akan saya ulas lengkap agar kamu bisa lebih mengerti tentang Internet marketing.

Baca juga : Cara Mendapatkan Uang Lewat Internet


Saya sarankan untuk membaca artikel ini sampai habis untuk lebih memahami tentang apa yang namanya Internet Marketing.

I. Internet Marketing Untuk Sumber Penghasilan

Sudah menjadi rahasia umum bahwa saat ini Internet sudah menjadi gaya hidup masyarakat dunia. Kecanggihan teknologi yang berhasil menciptakan berbagai produk elektronik komunikasi seperti smartphone membuat internet semakin menjadi bagian hidup masyarakat.

Lihat saja sekitar kamu, apakah semua teman dan keluargamu mempunyai gadget? Pasti punya.

Internet marketing untuk sumber penghasilan bisa dilakukan dengan berbagai cara. Diantaranya adalah:
  • PPC - Pay Per Click.
  • PPS - Pay Per Sale.
  • PPL - Pay Per Lead.
  • Jualan Produk.
  • Dll.

1. PPC - Pay Per Click

Program layanan PPC banyak dilakukan oleh para pemiliki situs web atau blog untuk mendapatkan penghasilan dari situs mereka. Penghasilan tersebut berasal dari klik yang dilakukan oleh para pengunjung blog yang tertarik denga iklan yang terpasang di situs atau web milik mereka.

Pelaku bisnis tersebut biasanya disebut dengan istilah Publisher. Dengan memasang sebuah iklan, mereka akan dibayar oleh pengiklan jika ada orang yang klik. Dengan demikian penghasilan berupa uang akan ia dapat.

Berikut ini adalah beberapa perusahaan yang menawarkan program layanan PPC yang terpercaya dan tidak akan menipu (Scam) :

2. PPS - Pay Per Sale

Bisa dikatakan, PPS termasuk dalam kategori Affiliate marketing. Dari namanya saja kita bisa tahu bahwa kita sebagai pebisnis akan mendapakan bayaran jika berhasil menjual produk yang berasal dari situs bisnis lain dengan bayaran tertentu tergantung kesepatakan.

Berikut ini adalah beberapa situs yang menawarkan kerjasama PPS :

3. PPL - Pay Per Lead

PPL juga termasuk dalam kategori Affiliate marketing. Dimana pemilik layanan akan memberikan bayaran jika kamu berhasil mengirimkan sebuah Leads.

Contohnya, kamu mencoba untuk mengarahkan orang lain (pengunjung blog) untuk melakukan pendaftaran, mengisi survey, newsletter, dan ,masih banyak lagi. Yang semua itu melalui link (tautan) milik kita.

Contoh perusahaan yang menawarkan kerjasama PPL adalah Maxbounty.com

4. Jualan Produk

Menjual produk melalui internet sudah bukan lagi hal baru. Banyak sekali orang yang memasarkan produknya melalui internet. Dengan harapan ada orang yang membeli.

Kamu tidak harus menjual produk buatanmu, tapi kamu juga bisa menjual produk milik orang lain dengan margin keuntungan yang sedikit dinaikkan dari harga aslinya. Jangan takut tidak laku walaupun harganya lebih mahal. Karena banyak konsumen tidak mempermasalahkan selisih harga.

II. Internet Marketing Untuk Promosi

Promosi adalah salah satu kegiatan pemasaran yang sangat dibutukan untuk membangun sebuah Brand atau bisnismu diketahui dan dikenal oleh orang-orang.

Ada banyak cara untuk promosi di internet. Beberapa diantaranya adalah melalui PPC Advertising, Email marketing, Mobile Advertising dan Social media marketing.

Baca juga : Fakta Menarik Tentang Bisnis Online


1. PPC Advertising

PPC Advertising berbeda denga PPC untuk para publisher. PPC Advertising diperuntukkan untuk para Pengiklan yang ingin mempromosikan bisnisnya. Jadi, sebagai pengiklan, kamu harus mengeluarkan biaya berupa uang agar penyedia layanan tersebut menampilkan iklan milikmu ke jaringan situs milik para publisher.

Dan tentu saja, kita bisa mengatur seberapa besar biaya yang ingin dikeluarkan. Semakin besar biayanya, semakin baik pula kegiatan promosinya.

Berikut ini adalah beberapa penyedia layanan PPC Advertising terpercaya yang sudah saya coba :

2. SEO (Search Engine Optomization)

SEO adalah teknik promosi yang pertama kali saya lakukan saat membuat sebuah situs. SEO adalah sebuah teknik promosi gratis. Paling banyak digunakan oleh pebisnis pemula yang belum memiki modal untuk sekedar promosi.

Search Engine besar dunia seperti Google dan Yahoo adalah media promosi yang dilakukan dengan menggunakan teknik SEO.

Kelemahan yang mungkin dirasa dari teknik promosi ini adalah membutuhkan waktu yang lama dan juga membutuhkan teknik optimasi SEO yang baik.

Saya pribadi tidak terlalu paham dengan yang namanya SEO. Maka dari itu, terkadang saya membutuhkan jasa seseorang untuk melakukannya. Dan lagi-lagi tetap membutuhkan biaya.

Tapi, jika kamu paham tentang SEO, kamu bisa mendapatkan ribuan calon pembeli dari Search Engine tanpa mengeluarkan biaya promosi sedikitpun.

Baca juga : Apa itu SEO

3. SEM (Search Engine Marketing)

Berbeda dengan SEO, SEM adalah teknik promosi melalui search engine dengan cara menempatkan iklanmu di posisi pertama dari hasil Searching orang lain yang menggunakan kata kunci tertentu dan telah kamu targetkan.

Tentu saja kamu harus mengeluarkan biaya promosi juga.

4. Email Marketing

Dilihat dari istilahnya, kamu pasti sudah paham apa itu Email marketing.

Email marketing adalah teknik promosi yang menggunakan Email sebagai medianya. Ada banyak jenis Emai marketing diantaranya  retention Email, direct Email dan masih banyak lagi. 

Tapi perlu diingat bahwa ada banyak orang melakukan Spamming email sebagai jalan pintasnya. Hal ini tentu tidak boleh kamu lakukan karena cara tersebut bisa merugikan banyak orang salah satunya adalah si penerima Email.

5. Mobile Advertising

Lagi dan lagi. Mobile advertising adalah teknik promosi melalui jaringan mobile seperti SMS, Banner Ads pada aplikasi atau game, MMS dan masih banyak lagi. Cara tersebut menjadi pilihan alternatif karena banyaknya penggunaka mobile seluler didunia.

6. Social Media Marketing

Sama halnya dengan SEM. Perbedaanya hanya pada media yang kita gunakan. Jika SEM menggunakan Search Engine sebagai media, Social Media Marketing menggunakan sosial media sebagai sarana untuk promosi.

Berikut ini adalah Sosial media yang menawarkan kerjasama dengan para pengiklan :
  • Facebook Ads - Iklan akan muncul di Facebook.
  • Twitter Ads - Iklan akan muncul di Twitter.
  • Instagram Ads -Iklan akan muncul di Instagram.
  • Youtube Ads - Iklan akan muncul di Youtube.
Jangan pernah melakukan jalan pintas promosi seperti SPAMMING karena akan berdampak buruk bagi bisnis yang kamu jalankan.

Sekian dan semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NOTE :
1. Silahkan berkomentar sesuai dengan artikel yang telah anda baca diatas.
2. Link aktif otomatis terseleksi ke SPAMMER.
3. Jika ingin komentar di luar topik postingan, silahkan tekan tombol "Out Of Topic"
4. Untuk menyisipkan kode, silahkan konversikan dulu kodenya