Pengertian SEO dan Manfaat Search Engine Optimization Bagi Bisnis Anda

Pengertian SEO dan Manfaat Search Engine Optimization Bagi Bisnis Anda

Apa itu SEO? SEO atau Search Engine Opimization adalah serangkaian upaya yang dilakukan seseorang pada sebuah situs dengan tujuan agar situs tersebut memliki visibilatas yang baik di mesin pencari khususnya Google. Tentu saja, dengan optimasi SEO yang dilakukan, situs akan merangkak naik ke peringkat yang lebih baik dalam daftar pencarian. Dan juga akan lebih besar kemungkinannya untuk mendapatkan lebih banyak pengunjung. Gratis!!!!

Coba ketik kata kunci tertentu pada mesin pencari Google. Nantinya akan muncul daftar situs yang berhubungan dengan kata kunci yang kamu ketik tadi. Sebuah situs yang teroptimasi dengan baik pasti akan muncul di posisi 4 besar hasil penelusuran Google. Dan biasanya akan dikunjungi oleh orang yang mengetikkan kata kunci tersebut.

Perlu kalian ketahui bahwa situs yang terpotimasi dengan baik akan muncul di peringkat atas dari hasil pencarian organik. Bukan dari hasil iklan seperti yang bisa kamu lihat pada gambar berikut ini.

Pengertian SEO dan Manfaat Search Engine Optimization Bagi Bisnis Anda

Saya menggunakan kata kunci "jual smartphone" pada mesin pencari Google. Dari hasil pencarian muncul dua jenis. Pada bagian yang saya berwarna merah adalah milik pebisnis yang mengiklankan bisnisnya di Google. Sedangkan pada bagian yang berwarna hijau adalah milik pebisnis yang mengoptimasi situsnya dengan SEO.

Manfaat SEO bagi sebuah Bisnis

Semua pebisnis pasti ingin mendapatkan profit. Berbagai teknik pemasaran dilakukan baik secara offline maupun secara online. Berikut ini adalah beberapa manfaat SEO bagi sebuah bisnis.

1. Mendatangkan konsumen dari Situs web

Sebuah situs bisnis yang mengoptimalkan SEO akan medapatkan pengunjung potensial. Disebuah potensial adalah karena pengunjung tersebut berasal dari Search Engine khususnya Google. Jika situsmu berisi tentang produk smartphone yang dijual. Maka saat seseorang mengetikkan kata kunci "Jual smartphone murah", situsmu akan muncul di hasil pencarian jika dioptimasi dengan benar.

Alasana saya menyebut mereka adalah pengunjung potensial karena pengunjung tersebut berasal dari Search Engine. Juga karena kemungkinan untuk membeli produk yang kamu jual akan semakin besar.

GRATIS!!! Berbeda halnya dengan para pebisnis yang menggunakan iklan berbayar sebagai media promosi di Internet.

2. Meningkatkan Brand Awareness

Brand Awareness adalah kemampuan konsumen atau calon pembeli dalam mengingat sebuah merek. Semakin baik Brand Awareness, semakin besar pula kemnungkinan untuk mendapatkan pembeli. Ada banyak cara untuk meningkatkan hal tersebut seperti SEO, iklan di media massa seperti koran dan TV, dan masih banyak lagi.

Baca juga : Mitos tentang SEO


3. Mendapatkan Data Pelanggan

Saat ini sudah banyak para pebisnis online yang berusaha untuk mendapatkan data pelanggan seperti nomor telepon, alamat, umur, jenis kelamin dan tentu saja Email. Data-data tersebut nantinya akan digunakan untuk melakukan riset tentang produk apa yang cocok dan profit untuk dijual. Dan mereka bersedia mengeluarkan dana yang tidak sedikit untuk mendapatkan itu semua secara legal.

Jika pebisnis sudah mempunyai data diri lengkap pelanggan, mereka akan lebih mudah untuk melakukan promosi.

Dan, bila situs web bisnis berada di puncak hasil pencarian, kemungkinan untuk mendapatkan data-data tersebut tanpa iklan dan tanpa bayar pun akan didapat.

Menurut saya masih ada banyak sekali manfaat dari SEO. Tapi 3 poin diatas saya rassa adalah yang paling utama dan dirasakan oleh pebisnis online.


Yang harus dilakukan dalam kegiatan SEO

Jika sebelumnya kamu sudah membaca berbagai artikel tentang bagaimana caranya masuk ke halaman pertama Google, dan menemukan berbagai faktor yang mempengaruhi, juga 100 cara sukses SEO, saya yakin kamu akan muak dan lemas duluan karena bergitu banyak faktor dan tindakan yang harus dilakukan.

Pengertian SEO dan Manfaat Search Engine Optimization Bagi Bisnis Anda
Source : www.2-magpies.co.uk

Tapi sebenarnya tidaklah serumit itu. Kali ini akan saya buat sederhana dan terbukti ampuh.

Ada dua hal penting dalam SEO,yakni SEO Onpage dan SEO Offpage. Berikut ini adalah penjelasan dari keduanya.

1. Apa itu SEO Onpage

SEO Onpage adalah serangkaian tindakan optimasi situs dari dalam situs itu sendiri. Dengan kata lain, Optimasi dilakukan dengan cara mengatur tata letak dan isi konten situs tersebut. Berikut ini beberapa elemen yang harus di optimasi.
  • SEO Friendly, artinya pengunjung tidak akan menemukan kesulitan dalam hal navigasi situs jika ia ingin berpindah halaman yang ada dalam situs tersebut.
  • Internal link, sisipkan link yang menuju ke konten lain yang mungkin bisa membuat pengunjung tertarik untuk melihatnya juga.
  • URL, alamat Url sebuah halaman website harus mudah dibaca.
  • Menambah Deskripsi didalam setiap konten.
  • Menambah Alt pada image yang ada didalam konten.
  • Dan masih banyak lagi.

Apa itu SEO Offpage


SEO Offpage adalah serangkaian tindakan optimasi situs yang dilakukan di luar situs tersebut. Istilah keren nya adalah membangun Backlink atau link (alamat url situs bisnis milik kita) yang ada di situs lain. Berikut ini adalah beberapa jenis backlink yang bisa dibangun untuk keperluan optimasi situs.
  • Media sosial (Twitter, Facebook, Google+, Youtube, dan lain-lain)
  • Web 2.0 properties (Blogspot, WordPress, Weebly, dan lain-lain)
  • Forum online (Kaskus, Bersosial, Forum Detik, Forum Kompas, dan lain-lain)
  • Situs social bookmark (Lintas.me, Diigo.com, Folkd.com, dan lain-lain)
  • Blogwalking (berkomentar di blog orang lain)
  • Dan masih banyak lagi.
Baca juga : Cara membangun backlink yang benar

Cukup sampai disini saja penjelasan saya tentang SEO, manfaatnya dan cara menerapkannya. Perlu kamu ketahui bahwa optimasi SEO harus dilakukan secara berkala atau waktu tertentu yang sudah diatur. Karena Search Engine khususnya Google selalu memperbaharui Alogaritma sehingga patokan untuk mendapatkan peringkat terbaik dalam hasil penelusuran akan berubah-ubah.

Terima kasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NOTE :
1. Silahkan berkomentar sesuai dengan artikel yang telah anda baca diatas.
2. Link aktif otomatis terseleksi ke SPAMMER.
3. Jika ingin komentar di luar topik postingan, silahkan tekan tombol "Out Of Topic"
4. Untuk menyisipkan kode, silahkan konversikan dulu kodenya