Pengertian Email Marketing dan Manfaatnya Untuk Bisnis

Pengertian Email Marketing Manfaatnya Untuk Bisnis

Pengertian Email marketing dan manfaatnya bagi bisnis - Saat ini, hampir semua orang di dunia ini memiliki Email. Entah itu untuk keperluan kerja, bisnis atau media sosial.

Saya yakin, mereka yang setiap harinya menggunakan komputer atau smartphone pasti memiliki Email. Apalagi saat ini para pengguna Smartphone khususnya android diharuskan untuk memiliki Email.

Dalam dunia Internet marketing, kita bisa memanfaatkan Email list sebagai media pemasaran yang terbukti efektif. Alasannya adalah karena kita bisa langsung mengirimkan penawaran kepada pelanggan langsung.

Baca juga : Cara membuat Email

Pengertian Email Marketing

Email marketing adalah serangkaian tindakan yang dilakukan untuk pemasaran bisnis dengan mengguanakan Email sebagai medianya. Selain untuk keperluan mengirimkan sebuah penawaran kepada pelanggan, Email digunakan juga untuk menjalin komunikasi yang baik antara pebisnis dengan pelanggan.

Pengertian Email Marketing dan Manfaatnya Untuk Bisnis


Jenis Email Marketing

Ada beberapa jenis Email marketing yang dilakukan oleh para pebisnis. Antara lain :

1. Direct Email

Direct Email adalah pesan yang dikirim ke daftar email pelanggan dan  berisi penawaran atau promosi. Biasanya berisi teks saja atau kode HTML yang membentuk visual media yang menarik.

Tapi sangat disayangkan. Banyak pebisnis abal-abal yang melakukan tindakan Spamming dengan cara mengirimkan Email promosi berkali-kali kepada calon atau pelanggan. Tindakan tersebut akan berakibat buruk bagi bisnis. Misalnya, ada pelanggan yang jenuh dan bosan karena mendapatkan email promosi terus menerus. Apalagi, hal tersebut sangat mengganggu.

Akhirnya calon atau pelanggan akan  Unsubscribe layanan dan lebih parahnya lagi Emailmu akan di Blokir (Blacklist).

2. Retention Email

Retention Email adalah pesan Email yang dikirim ke pelanggan khususnya pelanggan lama yang isinya dikirim untuk tujuan menjaga hubungan baik antara pebisnis dengan pelanggannya. Karena itu, biasanya Retention email juga berisi tentang seputar tips dan trik atau segala informasi yang dirasa bermanfaat bagi para pelanggan. Sehingga para pelanggan yang merasa terbantu akan selalu menerima semua Email pebisnis yang dikirim kepadanya.

3. Undirect Email

Alasan saya memberikan isitilah tersebut karena yang mengirmkan Email bukanlah pebisnis atau instantsi terkait secara langsung. Tapi melalui pihak lain yang memiliki Email list. Biasanya ini dilakukan oleh para pebisnis yang belum memiliki banyak pelanggan. Tentu saja, pebisnis harus mengeluarkan sedikit uang untuk membayar biaya promosi.

Baca juga  : Siapa sih Pencipta Email?

Tidak usah saya harus menjelaskan panjang lebar karena saya yakin kamu pasti paham dengan apa yang saya jelaskan tentang pengertian Email dan manfaatnya.

Sekian dan terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NOTE :
1. Silahkan berkomentar sesuai dengan artikel yang telah anda baca diatas.
2. Link aktif otomatis terseleksi ke SPAMMER.
3. Jika ingin komentar di luar topik postingan, silahkan tekan tombol "Out Of Topic"
4. Untuk menyisipkan kode, silahkan konversikan dulu kodenya