Panduan Lengkap Belajar Bisnis Online Untuk Pemula

Panduan Lengkap Belajar Bisnis Online Untuk Pemula

Jika kamu membaca artikel ini, itu berarti kamu adalah seorang calon pebisnis online. Semua pebisnis sukses pada awalnya adalah calon pebisnis. Jadi, untuk kamu yang masih belum paham tentang bisnis online, janganlah berkecil hati. Masih banyak teman-teman saya didesa yang belum mengerti tentang bisnis khususnya bisnis online dan bagaimana caranya.

Untuk itu, disini saya ingin memberikan sebuah panduan yang saya buat selengkap mungkin tanpa ada yang dikurang-kurangi dan di tutup-tutupi. Agar kamu bisa juga meraih sukses di dunia internet.

Banyak teman-teman saya di kampung bertanya,
Bagaimana memulai bisnis online?

Mungkin diantara kamu yang membaca artikel ini masih ada yang berpikir bahwa bisnis online itu adalah bisnis yang tidak ada gunanya, bisnis penipuan. Yah, saya setuju dengan pendapat tersebut. Karena memang banyak orang yang melakukan penipuan bisnis lewat internet.Tapi, hal itu tergantung bagaimana cara yang digunakan untuk berbisnis online. Jika kamu menggunakan metode yang benar, tidak akan ada yang namanya penipuan apa lagi tindak kriminal lainnya.

Bagaimana cara berbisnis online yang baik dan benar hingga kesuksesan bisa diraih? Apa itu bisnis online? Internet marketing? dan lain sebagainya.

Apakah hanya dengan modal nekat saja cukup? Bisa saja, tapi kemungkinannya sangat kecil.

Bisnis online sendiri ada banyak jenis. Diantaranya adalah Affiliate marketing dan Content Publishing Yang akan saya jelaskan di artikel ini adalaj jenis bisnis online yang sudah lama saya geluti sejak lama.Dan banyak orang yang juga terjun didalamnya.

Disini saya tidak hanya menjelaskan kedua jenis bisnis online yang saya sebutkan tadi. Tapi semua bisnis online yang sudah pernah saya coba dan pelajari.

Perlu kamu ketahui, proses belajar bisnis membutuhkan waktu. Ada kalanya juga butuh modal dana. Tapi hal yang paling dibutuhkan oleh seorang pebisnis adalah pola pikir tentang bisnis itu sendiri. Bisnis online bukanlah bisnis instant yang bisa membuatmu mendadak kaya. Jika ada yang memberikan iming-iming tersebut, segera tinggalkan!!!

Dari semua jenis bisnis online, hanya ada beberapa yang bisa cocok denganmu. Jangan sekali-kali kamu mencoba sekaligus berbagai jenis bisnis online dalam 1 waktu. Kamu akan hancur. Tidak akan berhasil dan gagal.

Pelajarilah satu persatu. Maka kamu akan fokus dan meraih sukses.

Cukup cari bisnis online yang sesuai denganmu. Sesuai kesukaanmu. Saya jamin, kamu akan dengan senang hati melakukannya. Seandainya gagalpun, kamu masih semangat untuk terus bangkit.

Disini kamu akan mempelajari panduan singkat dan jelas cara belajar bisnis online khususnya untuk kamu yang masih pemula.

Bacalah artikel ini sampai habis!! pahami!! Jangan beralih ke halaman lain karena hal itu akan membuat pikiranmu kacau dan pelajaran ini akan sia-sia.

I. Pengertian Bisnis Online dan Internet Marketing

Dari kata-katanya pun kamu pasti tahu apa itu bisnis online. Ya, bisnis online adalah bisnis yang dilakukan secara online melalui intenet. Sebenarnya, saat inipun banyak bisnis offline yang juga dilakukan melalui internet. Dan ada juga bisnis online yang dilakukan secara offline.

Dari penjelasan tersebut, bisnis online bisa dibagi kedalam beberapa jenis yakni :
  • On to On - adalah bisnis online yang dilakukan secara penuh  secara online. Dari hal operasional maupun pemasarannya.  Contoh mudahnya adalah bisnis jual beli domain dan hosting untuk keperluan website. Lalu ada jual jasa marketing misalnya Adwords milik google, FB Ads, dll). Sebenarnya ada banyak contoh. Tapi tidak akan cukup 1 artikel untuk menjabarkannya.
  • Off to On - adalah bisnis offline yang pemasarannya dilakukan secara online melalui internet. Contohnya sebuah toko baju yang membuat website untuk dijadikan toko online.
  • On to Off - bisnis online yang melakukan inovasi dengan menjalankan bisnisnya secara offline. Contohnya Toko online yang setelah sukses dan mempunyai modal yang cukup, Brand yang terkenal, lalu membuat sebuah Toko fisik di Ruko , Mall atau tempat usaha lain yang terlihat secara fisik.
Bisnis online sendiri tidak bisa jauh-jauh dari yang namanya Internet Marketing atau yang biasa disingkat IM.

IM sendiri tidak sebatas tentang sales, tapi juga hal lainnya seperti branding, Customer service, promotion dan masih banyak lagi.

II. Jenis Bisnis Online Populer

Kamu pasti pernah membaca sebuah kisah sukses para pebisnis online yang setiap bulannya bisa mendapatkan puluhan hingga ratusan juta perbulan bahkan milyaran.

Ada banyak sekali jenis bisnis online di dunia internet. Berikut ini adalah 4 jenis bisnis online yang pernah saya pelajari dan saya praktekkan hingga sekarang.

1. Bisnis Dropshiper

Dropshiper adalah bisnis yang pertama kali saya pelajari dan coba. Tepatnya pada tahun 2012 silam. Bisnis dropshiper merupakan sebuah sistem penjualan produk secara online, dimana penjual tidak harus memiliki produk tersebut dan tidak harus melakukan proses pengiriman produk ke pembeli. Intinya, dropshiper cukup melakukan pemasaran dan melakukan komunikasi dengan pembeli.

Untuk lebih jelasnya kamu bisa melihat alur bisnis dropshiper berikut ini.
Panduan Lengkap Belajar Bisnis Online Untuk Pemula
source: ohduit.com
Pelaku Dropshiper sendiri tidak perlu melakukan proses Packing dan pengiriman barang ke pembeli. Enaknya lagi, pada kemasan produk yang dijual, tertera identitas toko atau merek dagan milik Dropshiper karena Supplier utama merubahnya. Dengan tujuan agar konsumen mengira bahwa kamu adalah Supplier utama.

Sewaktu awal-awal saya melakukan bisnis ini. Saya memiliki kendala karena terbatasnya sarana pemasaran seperti alat untuk online dan Partner bisnis yang bisa saya jualkan barangnya dengan saya sebagai Dropshiper-nya.

Beruntunglah kamu yang sekarang hidup dijaman yang serba mudah. Ada banyak sekali sosial media yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan pemasaran. Kamu cukup membuat sebuah akun, lalu menunggahnya ke sosial media agar semua teman atau oranag di sosial media melihat produk yang kamu jual lalu membelinya.

2. Menjual produk/ jasa sendiri

Disini kamu berperan sebagai penjual utama. Kamu yang mempunyai barang atau jasa. Lalu bermaksud untuk menjualnya kepada calon pembeli. Kamu bisa memanfaatkan media sosial sebagai sarana pemasarannya. Contohnya dengan membuat akun. Atau bisa juga dengan membuat sebuah website sebagai Tokonya.

Jadi, kamu akan berhubungan langsung dengan pembeli tanpa perantara.

Baca juga : Segera

3. Content Publisher

Content Publisher adalah seseorang yang membuat sebuah konten internet di sebuah blog atau website, baik itu berupa teks ataupun video. Contohnya tidak usah jauh-jauh. Saat ini saya pribadi.

Panduan Lengkap Belajar Bisnis Online Untuk Pemula

Orang tersebut mendapatkan penghasilan dari iklan yang terpasang di blog nya. Banyak sekali layanan yang mengajak para Content publihser untuk bekerja sama. 

Google adsense adalah salah satu layanan untuk para Publisher yang ingin memasang iklan di blognya dengan bayaran tertentu. Jadi publisher bisa menghasilkan uang. Tidak hanya Google adsense. Diluar sana masih banyak layanan yang serupa. Tapi perlu diingat bahwa tidak semua layanan pengiklan itu bisa dipercaya. Karena saya pernah tidak dibayar.

Baca juga : Segera

4. Affiliate Marketing

Hampir mirip dengan Dropshiper. Bedanya, Affiliate marketing bekerja dengan menggunakan link affiliate sebagai sarana.

Contohnya, saya memiliki sebuah blog. Lalu saya membuat sebuah review tentang produk digital terbaik. Saya membahas 5 jenis produk digital. Di setiap akhir review, saya menyisipkan sebuah link (tautan URL) yang menuju ke penjual utama agar pengunjung blog tertarik untuk membeli produk yang saya review.

Hasilnya, saya akan medapatkan bayaran dari hasil penjualan yang melalui link tersebut terlebih dahulu sebelum menuju ke penjual utama. Tentu saja, si penjual utama yang membayar saya.

Contoh layanan yang menawarkan kerjasama Affiliate adalah Amazon.com. Ada juga toko online tanah air lainya seperti Lazada, Tokopedia dan Bukalapak.

Baca juga : Segera

III. Cara memilih Bisnis Online yang benar

Para pebisnis pemula biasa bingung dengan bisnis apa yang harus ia jalani. Bertanya kesana kemari tentang bisnis yang cocok. Padahal hanya dirinya sendirilah yang bisa menjawabnya.

Saran saya, pilihlah hobi atau kesukaanmu menjadi sebuah bisnis. Misalnya saja saya mempunyai hobi di dunia Gadget dan Smartphone. Maka, saya tidak akan mengalami kesulitan dalam hal pemasaran. Apalagi, saya memang suka dengan Gadget. Tidak ada keluhan sedikitpun untuk mempelajarai produk yang saya jual.

Kamu tidak perlu meniru cara saya. Kamu bisa menemukan bisnis online sendiri. Yang saya yakin kamu tahu itu. Gali potensi yang ada dalam diri. Lakukan penelitian dan pelajari apa yang menjadi kesukaanmu dan apa saja kemampuanmu. Jadikan itu semua menjadi minat bisnis terbesar dalam diri.

IV. Tips sukses menjalankan Bisnis Online

Ada dua faktor yang mempengaruhi kesuksesan seseorang dalam menjalankan bisnis online. Yakni faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal adalah faktor yang lebih besar pengaruhnya terhadap kesuksesan seorang pebisnis.  Faktor internal ada dalam diri sendiri.

1. Mau Belajar Teori dan Praktek

Teori saja tidak akan cukup untuk membuatmu sukses. Kamu harus berani mempraktekkannya dengan segala resiko yang mungkin bisa datang kapan saja.

Tapi dengan adanya resiko yang mungkin datang, kamu bisa mengantisipasinya dengan cara belajar bisnis yang benar. Kamu tidak harus mengikuti berbagai seminar, mengeluarkan banyak uang untuk ikut kursus. Semua ada di Internet. Tinggal ketik "Cara menjalankan bisnis Online".

Kamu bisa mendapatkan semua ilmu bisnis di Internet. Bersyukurlah kamu karena saat ini sudah banyak Blog atau Website untuk pembelajaran bisnis online secara gratis tanpa dipungut biaya.

Mungkin saya merasa iri dengan kamu karena dulu saya harus bersusah payah mencari situs web yang mengajarkan bisnis online. Sedangkan sekarang semua pelajaran bisa kamu dapat di Internet. Maka, bersyukurlah! karena jika kamu tidak bersyukur, saya akan marah! -BERCANDA BRO-

2. Fokus

Jika kamu menjalankan bisnis online, kamu wajib fokus. Banyak sekali pemula yang gagal ditengah jalan karena tidak fokus dengan bisnis yang sedana ia jalankan.

Misalnya saja, saat ini kamu sedang menjalankan bisnis Toko Online. Dikemudian hari kamu melihat orang lain sukses dengan bisnis online yang ia jalankan.

Kamu tergiur untuk mencoba bisnis online yang orang lain jalankan hingga sukses. Lalu kamu mencobanya.

Jika kamu melakukannya, saya yakin kamu akan gagal di semua jenis bisnis online. Tak satupun kesuksesan yang akan kamu raih.

Maka dari itu, saya sarankan untuk fokus. Konsisten dengan bisnis yang kamu jalankan sampai kamu benar-benar behasil. Tidak harus mencoba bisnis lain. Kamu cukup pelajari saja bisnis yang sekarang sedang kamu jalankan. Jadikan pengalaman sebagai guru.

3. Berani mengambil Resiko

Judul tersebut bukan berarti bahwa kamu harus nekat langsung terjun ke dunia bisnis dengan 'bertelanjang kaki'.

Kamu harus tahu, bahwa jika kamu terjun ke dunia bisnis online, kamu harus rela untuk menhadapi semua resiko yang mungkin datang dan menimpamu.

Contohnya adalah waktu dengan keluarga yang berkurang atau mengalami kebangkrutan. Jika kamu takut sebelum mencoba, bagaimana bisa sukses?

Agar semua resiko bisa diminimalisir, kamu harus belajar dasar-dasar pebisnis terlebih dahulu.

Lakukanlah semua poin yang sudah saya jelaskan. Saya yakin kamu akan menjadi seorang pebisnis yang hebat. Dan, semoga sukses.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NOTE :
1. Silahkan berkomentar sesuai dengan artikel yang telah anda baca diatas.
2. Link aktif otomatis terseleksi ke SPAMMER.
3. Jika ingin komentar di luar topik postingan, silahkan tekan tombol "Out Of Topic"
4. Untuk menyisipkan kode, silahkan konversikan dulu kodenya