5 Pola Pikir Yang Wajib Dimiliki Pebisnis

5 Pola Pikir Yang Wajib Dimiliki Pebisnis
Jika kamu adalah seorang pebisnis atau pengusaha, kamu wajib mempunyai pola pikir yang berbeda dengan orang lain khususnya kompetitor bisnis. Itu artinya, kamu harus mempunyai pola pikir yang kreatif, hasil pemikiran sendiri dan berbeda. Semacam inovasi baru yang ada secara terus menerus dan berkembang.

Ditahun ini misalnya, sudah banyak orang yang terjun ke dunia bisnis khususnya bisnis online. Kamu harus mampu untuk bertahan dan berkembang. Agar bisnis yang kamu jalankan menjadi sukses dan lebih besar daripada para kompetitor.

Intinya, kamu harus lebih menguasai bisnis tersebut dengan memulai membentuk pola pikir yang lebih hebat dari yang lain.

Nah, maka dari itu disni saya akan menjelaskan tentang 5 pola pikir yang dibutuhkan seorang pengusaha. Dan kamu wajib memiliki salah satunya.

#1 Bisnis adalah sebuah gaya hidup

Jika kamu memang merasa bahwa kamu adalah seorang pebisnis sejati, kamu harus berpikir bahwa bisnis adalah sebuah gaya hidup, sebuah gairah tersendiri. Sehingga bisnis akan menjadi sebuah hobi, sebuah hal yang kamu sukai. Hal ini akan membuatmu tidak mudah menyerah jika mengalami kegagalan.

Semua pebisnis pasti pernah gagal walau itu hanya sekali. Anggap saja setiap pebisnis memiliki jumlah gagal yang dijatah. Misalnya, kamu memiliki jatah 5 kali gagal.

Maka setiap kali kamu mengalami kegagalan, anggap saja kamu sedang mengurangi jatahmu. Habiskan semuanya dan kamu akan sukses!

Atau cobalah untuk membuat hobimu menjadi sebuah bisnis, buka bisnis yang menjadi hobimu. Misalnya saja kamu hobi menulis. Dari sini kamu sudah bisa menemukan sebuah lahan bisnis yang sesuai dengan hobimu. Dan nantinya bisnismu akan menjadi hobimu, gaya hidupmu.

#2 Jangan pernah merasa puas

Banyak orang bilang bahwa kita tidak boleh serakah. Tapi hal ini berbeda untuk pebisnis. Pada titik ini, jika kamu sudah merasa puas karena bisnismu sukses, maka suatu saat bisnismu akan gagal lagi karena para kompetitor terus maju dan melakukan inovasi atau gebrakan baru. Karena apa? Karena mereka tidak pernah merasa puas.

Para kompetitor terus mengembangkan usahanya sebesar mungkin, sesukses mungkin hingga pada titik terakhir.

Intinya, kamu memang tetap harus bersyukur kepada Tuhan YME, tapi kamu juga harus menanamkan pola pikir "Jangan pernah merasa puas"

#3 Jadikan kompetitor sebagai Guru

Kompetitor atau saingan bisnis adalah sebauh ancaman bagi para pebisnis lain. Tapi pernyatan tersebut adalah sebuah pola pikir yang salah.

Daripada takut dengan mereka, menjadikan mereka sebuah ancaman, lebih baik lagi jika kamu menjadikan mereka sebagai guru. Guru disni berarti sebuah sumber pelajaran, bukan dengan bertanya langsung tentang tips dan trik bisnis kepada mereka. Jika mereka mau memberikan kamu hal tersebut, berarti mereka bukan termasuk kompetitor, tetapi adalah partner bisnnis.

Dari para pesaing, kamu bisa mempelajari beberapa hal misalnya Branding, teknik pemasaran dan bisnis yang lebih baik.

#4 Kegagalan adalah hal yang wajib didapat

Seperti pada poin pertama yang sudah saya jelaskan, setiap pebisnis memiliki jatah gagal. Jatah gagal antar pebisnis berbeda-beda.

Seperti kata pujangga, tidak ada manusia yang terlahir sempurna. Sama halnya dengan bisnis, tidak ada bisnis yang sempurna dan berjalan sesuai rencana. Terkadang kamu mengalami kegagalan juga.

Tapi, jangan anggap bahwa kegagalan adalah akhir segalanya. Jadikan kegagalan sebagai pelajaran. Jadikan sebuah pengalaman. Sehingga nantinya kamu bisa menghapus kegagalan yang mungkin suatu saat akan menghamipirimu lagi.

Kamu pasti tahu Thomas Alfa Edison. Seorang ilmuwan yang menemukan bola lampu pijar. Seperti yang saya baca dibuku pelajaran waktu sekolah dahulu, beliau mengalami kegagalan sebanyak 9,998 kali sampai akhirnya berhasil membuat sebuah lampu pijar. Dari sini bisa kamu pelajari bahwa beliau tidak pernah menyerah walaupun mengalami begitu banyak kegagalan. Beliau yakin bahwa sukses (behasil membuat bola lampu pijar) akan datang padanya.

Camkan benar-benar pola pikir tersebut!!!

#5 Rintangan adalah sebuah peluang

Rintangan adalah sebuah tantangan yang harus kamu hadapi. Jadikan hal itu sebagai peluang menuju kesuksesan.

Dalam menjalankan bisnis, semua orang pasti akan mengalami yang namanya pasang surut. Tapi, kamu harus tetap kuat. Memang hal itu terasa sangat menyakitkan. Kebanyakan pasti akan gagal dan tidak mau mencoba lagi. Takut gagal.

Buang jauh-jauh pikiran negatif. Karena semua rintangan yang menerjang adalah sebuah jalan untuk kita menuju kesuksesan.

Jika kamu belum mempunyai salah satu poin yang saya jelaskan tadi, segera buat dan miliki! Ubahlah pola pikirmu. Dan raihlah kesuksesan tertinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NOTE :
1. Silahkan berkomentar sesuai dengan artikel yang telah anda baca diatas.
2. Link aktif otomatis terseleksi ke SPAMMER.
3. Jika ingin komentar di luar topik postingan, silahkan tekan tombol "Out Of Topic"
4. Untuk menyisipkan kode, silahkan konversikan dulu kodenya