Pengertian Bisnis Online

Apakah kamu masih belum mengerti tentang Apa itu bisnis online?

Bisnis online adalah semua jenis kegiatan bisnis yang dilakukan dengan internet sebagai sarananya (online).

Jadi, semua atau sebagian kegitatan bisnis yang dilakukan di Internet bisa kita sebut dengan istilah bisnis online. Entah itu barang atau jasa yang diperjual belikan, itu sudah bisa disebut bisnis online.

Intinya sama antara bisnis yang dilakukan dengan bertatap muka atau di dunia nyata dengan bisnis yang dilakukan di dunia maya atau melalui internet.

Bedanya, bisnis online tidak memerlukan sebuah tempat usaha yang terlihat secara fisik. Bisnis online cenderung menggunakan sebuah website sebagai pengganti tempat usaha layaknya toko atau kantor usaha.

Tapi, pelaku bisnis online juga bisa tetap memiliki toko atau tempat usaha yang terlihat secara fisik karena bisnis yang dijalankan masih membutuhkannya. Hal ini biasanya untuk mereka yang baru beralih dari bisnis langsung dan ingin melakukan bisnis secara online.

Pengertian Bisnis Online

Jenis Bisnis Online

Dari penjelasan tadi, bisa disimpulkan bahwa bentuk bisnis online bisa dikategorikan ke dalam berapa jenis yakni :
  • Website
  • Blog
  • Akun sosial media
  • Toko Online atau Marketplace

Kelebihan Bisnis Online

Ditahun 2017 saat ini, bisnis online sudah sangat menjamur. Panyak pelaku bisnis yang beralih atau sekedar memperlebar jaringan bisnisnya melalui dunia internet. Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari bisnis online daripada bisnis tradisional (nyata) :
  • Hemat pengeluaran (seperti gaji karyawan, uang transport, perawatan tempat usaha dll)
  • Waktu bisnis yang fleksibel (pelaku bisnis tida harus selalu berada di tempat usaha. Mereka bisa melakukan hal lain misalnya berkumpul dengan keluarga)
  • Jaringan pasar yang luas (Target wilayah penjualan menjadi lebih luas, kemungkinan untuk mendapatkan calon konsumen menjadi lebih besar)
  • Dan masih banyak lagi.

Meskipun secara garis besar menyatakan bahwa bisnis online memiliki banyak kelebihan daripada bisnis tradisional juga memiiki beberapa kelemahan.Tapi menurut saya tidak terlalu besar.
  • Resiko penipuan. Hal ini bisa diatasi dengan cara verifikasi identitas terlebih dahulu sebelum melakukan transaksi bisnis.
  • Wajib mengetahui cara menggunakan sarana internet.

Nah, kurang lebih seperti itu pengertian bisnis online menurut saya pribadi. Semoga artikel ini bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NOTE :
1. Silahkan berkomentar sesuai dengan artikel yang telah anda baca diatas.
2. Link aktif otomatis terseleksi ke SPAMMER.
3. Jika ingin komentar di luar topik postingan, silahkan tekan tombol "Out Of Topic"
4. Untuk menyisipkan kode, silahkan konversikan dulu kodenya